STRUKTUR PASAR
I.
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect
competition) adalah sebuah jenis pasar dengan
jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen.
5 karakteristik
agar sebuah pasar dapat dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu :
1) Homogenitas Produk(Homogeneous Product)
2) Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
3) Output Perusahaan Relatif Kecil (Small RelativelOutput)
4) Perusahaan Menerima Harga Yang DitentukanPasar (Price
Taker)
5) Keleluasaan Masuk – Keluar Pasar (Free Entry and
Exit)
Permintaan dan Penawaran Dalam Pasar Persaingan
Sempurna
a)
Permintaan
Keterangan :
Diagram 8.1.a
Tingkat harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan
dan penawaran.
Diagram 8.1.b
Jumlah output perusahaan relative sangat kecil dibanding output pasar,
maka berapa pun yang dijual perusahaan harga relative tidak berubah.
b) Penerimaan
Keterangan :
Diagram 8.2.a Kurva permintaan (D) sama dengan
kurva penarimaan rata – rata (AR) sama dengan kurva penerimaan marjinal (MR)
dan sama dengan harga (P)
Diagram 8.2.b
Kurva penerimaaan total berbentuk garis lurus dengan sudut kemiringan
positif, bergerak mulai dari titik (0,0).
II.
Pasar Monopoli
Pasar monopoli
(dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar
di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada
pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
"monopolis".
Ciri-ciri Pasar Monopoli , yaitu :
ü
Tidak mempunyai barang pengganti
ü
Tidak dapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industry
ü
Dapat mempengaruhi harga
ü
Promosi iklan kurang diperlukan
Faktor – faktor yang menimbulkan
monopoli :
1. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi
hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi
2. Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya yang dapat dikatan
unik dan tifak dimiliki perusahaan lain.
3. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang – undang, yaitu
pemerintahan member hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
III.
Pasar Monopilistis
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk
pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi
memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Pada pasar monopolistik, produsen memiliki
kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen
dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasal dari sifat barang
yang dihasilkan.
Struktur Pasar Persaingan Monopolistik
Struktur
pasar monopolistik hampir sama dengan pasar persaingan sempurna. Di dalam
industri terdapat banyak perusahaan yang bebas keluar masuk, namun produk yang
dihasilkan tidak homogen melainkan terdiferensiasi (differentiated product),
namun perbedaan barang antar satu produk dengan produk yang lain tidak terlalu
besar.
Diferensiasi
ini mendorong perusahaan untuk melakukan persaingan nonharga. Walaupun demikian
output yang dihasilkan sangat mungkin saling menjadi subtitusi. Perusahaan
memiliki kemampuan monopoli yang relatif terbatas.
Karakteristik Pasar Persaingan Monopolistik
1. Produk
yang terdiferensiasi (differentiated product).
2. Jumlah
perusahaan banyak dalam industry (large number of firms).
3. Bebas
masuk dan keluar pasar (free entry and exit).
Keseimbangan Pasar Monopolistik
Kurva
permintaan lebih elastis (tidak sampai elastisitas sempurna) dibanding kurva permintaan
pasar monopoli.
·
Dalam jangka pendek keseimbangan pasar:
1. Kurva
permintaan menurun sedikit demi sedikit akibatnya kurva D tidak berimpit dengan
MR.
2. Besarnya
permintaan bukan permintaan seluruh pasar namun dari sebagian pasar.
3. Keuntungan
maksimum dicapai bila MR=MC
·
Keseimbangan pasar dalam jangka panjang:karena
semakin banyaknya perusahaan yang masuk ke dalam pasar maka dalam jangka
panjang perusahaan hanya akan memperoleh keuntungan normal namun perbedaannya
dengan pasar persaingan sempurna adalah:
1. P lebih
tinggi, AC lebih tinggi.
2. Kegiatan
produksi belum mencapai kondisi yang optimal (saat AC terendah).
Penilaian Pada Pasar Persaingan Monopolistik
·
Penggunaan sumber daya/faktor-faktor produksi
pasar persaingan sempurna lebih efisien dibanding pasar persaingan monopolistik
karena kapasitas produksinya dibawah tingkat yang optimal.
·
Differensiasi produknya jauh lebih baik
daripada pasar persaingan sempurna.
·
Dorongan untuk melakukan inovasi teknologi pada
pasar ini sangat terbatas karena dalam jangka panjang pasar hanya dapat
memperoleh keuntungan normal.
·
Distribusi pendapatan produsen merata.
Persaingan Bukan Harga
Persaingan
bukan harga adalah kegiatan usaha diluar perubahan harga yang dilakukan oleh
perusahaan untuk menarik lebih banyak pembeli.
Persaingan bukan harga dapat dibedakan menjadi
dua jenis:
a) Diferensiasi produk yaitu
menciptakan barang sejenis tetapi berbedacoraknya dengan produksi perusahaan
lain.
b) Iklan dan berbagai bentuk
promosi penjualan. Salah satunya kegiatanpenting yang dilakukan oleh monopolis
adalah melakukan promosipenjualan secara iklan. Tujuan yang hendak dicapai
adalah:
o Untuk
memperkenalkan produk kepada konsumen
o Untuk
menekankan bahwa barang yang dihasilkan perusahaannya adalah barang yang
terbaik.
o Untuk
memelihara hubungan baik dengan para konsumen.
o
Persaingan Ekonomi Pasar Monopolistik
Persaingan monopolistik merupakan suatu jenis pasar yang digolongkan
berdasarkan :
1. Sejumlah
besar perusahaan,
2. Produk-produk
yang dibedakan dan tidak dilihat sebagai pengganti sempurna oleh konsumen
3. Beberapa
kemampuan penjual untuk menetapkan harga yang mereka inginkan
4. Jalan
masuk bebas masuk dan keluar dari pasar tersebut
5. Kepercayaan
yang berat terhadap tindakan-tindakan non harga untuk membedakan produk
seseorang.
6. Bentuk
pasar persaingan monopolistik adalah keadaan biasa yang ekstrim.
7. Sebagian
besar operasi-operasi eceran berada dalam bentuk pasar ini.
Efesiensi Pasar Persangan Monopolistik
Ada tiga bentuk efisiensi pasar berdasarkan pada
tingkat penyerapan informasinya, yaitu
1. Efisiensi pasar bentuk
lemah adalah dimana harga saat ini telah memasukkan semua informasi perdagangan
dan harga di masa lalu. Artinya harga saat ini merupakan alat prediksi terbaik
harga masa mendatang.
2. Efisiensi pasar bentuk semi
kuat adalah dimana informasi yang tercermin dalam harga lebih dari
sekedar sejarah harga, namun juga mencerminkan semua informasi yang
tersedia secara umum.
3. Efisiensi pasar bentuk kuat
adalah dimana harga mencerminkan semua informasi yang kemungkinan semua
dapat diketahui.
Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik
1. Banyaknya produsen di pasar memberikan
keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
2.Kebebasan keluar masuk bagi produsen,
mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
3.Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk
selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat
konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
4.Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh
konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar
monopolistik.
Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik
1.Pasar monopolistik memiliki tingkat
persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan.
Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan
cepat keluar dari pasar.
2.Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk
ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala
ekonomis yang cukup tinggi.
3. Pasar ini mendorong produsen untuk selalu
berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada
harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.
IV.
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu
bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual
dalam satu wilayah area. Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana
terdapat beberapa produsen yang menghasilkan barang-barang yang saling
bersaingan. Ini merupakan sifat utama dari pasar oligopoli Pasar Oligopoli
merupakan salah satu jenis dari pasar persaingan tidak sempurna. Dimana pasar
Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual
yang memproduksi barang sejenis.
Faktor-faktor Penyebab terbentuknya Pasar Oligopoli
a. Efisiensi Skala Besar
b. Kompleksitas Manajemen
Ciri – Ciri Pasar Oligopoly
a. Pasar oligopoly hanya terdiri atas sekelompok kecil perusahaan.
b. Barang yang diproduksi adalah barang yang standar, bersifat homogen dan bisa juga berbeda
c. Terdapat banyak pembeli di pasar
d. Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
e. Adanya hambatan bagi pesaing baru.
f. Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen).
h. Advertensi (periklanan) sangat penting dan intensif.
i. Sulit Dimasuki Perusahaan Baru
j. Harga Jual Tidak Mudah Berubah
Sifat- sifat pasar oligopoly :
1. Harga produk yang dijual relatif sama
2. Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
3. Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
4. Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
Faktor – Faktor Penghambat Pasar Oligopoli
a.
Hak paten yang tidak memungkinkan
perusahaan lain memproduksi barang yang sama.
b.
Modal yang di butuhkan terlalu
besar, para pengusaha enggan untuk menanggung risiko yang besar.
c.
Perusahaan lama telah terkenal
sehingga sulit untuk tersaingi sehingga menimbulkan risiko yang besar bagi
perusahaan baru.
d.
Skala Ekonomis
e.
Ongkos produksi yang berbeda
antar perusahaan
Kelebihan Dan Kelemahan Pasar
Oligopoli
a. Kelebihan pasar oligopoly
1.
Memberi kebebasan memilih bagi
pembeli.
2.
Mampu melakukan penelitian dan pengembangan
produk.
3.
Lebih memperhatikan kepuasan
konsumen karena adanya persaingan penjual.
4.
Adanya penerapan teknologi baru
b. Kelemahan pasar oligopoly
1. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya
inflasi
3.
Bisa timbul pemborosan biaya
produksi
4.
Sulit ditembus / dimasuki
perusahaan baru
5.
Bisa berkembang ke arah monopoli perusahaan
dalam pasar oligopoli
Macam – Macam Pasar Oligopoli
a. Oligopoli murni adalah menjual barang yang homogen.
Biasanya banyak dijumpai dalam
industri yang menghasilkan bahan mentah atau merupakan praktek oligopoli dimana
barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik.
b. Oligopoli Diferensial
adalah menjual barang berbeda
corak. Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir atau merupakan suatu
bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan.
Hubungan Antara Perusahaan-perusahaan Dalam Pasar Oligopoli
Ø
Oligopoli dengan kesepakatan
(Collusive Oligopoly)
Kesepakatan antara perusahaan dalam pasar oligopoli biasanya
berupa kesepakatan harga dan produksi (kesepakatan ini kadang disebut sebagai
“kolusi” atau “kartel”) dengan tujuan menghindari perang harga yang akan
membawa kerugian bagi masing-masing perusahaan pada kondisi tertentu (contoh
adalah kesepakatan produksi dan harga pada OPEC). Bentuk persepakatan ini
biasanya mengatur tentang banyaknya jumlah produksi yang boleh dihasilkan oleh
masing-masing perusahaan berikut dengan harganya yang sama juga. Kesepakatan
dalam jumlah produksi dapat berupa pembagian secara merata, yaitu pembagian
produksi yang didasarkan pada banyaknya jumlah permintaan efektif di pasar
terhadap jumlah perusahaan yang menghasilkan produk yang sama.
Ø
Oligopoli tanpa kesepakatan (Non
Collusive Oligopoly)
Terdapat beberapa hal yang mungkin terjadi dalam pasar
persaingan ini sehubungan dengan tingkat harga dan jumlah produksi (produk yang
dihasilkan relatif sama) yaitu sebagai berikut :
1)
Bila terdapat satu perusahaan
yang mencoba memperbanyak jumlah produksinya agar harga jual produknya relatif
lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya, maka biasanya langkah ini akan
diikuti oleh pesaing dengan menurunkan harga jual produknya.
2)
Bila satu perusahaan mulai
menurunkan harga jual produknya tanpa menambah jumlah produksinya dengan maksud
untuk menguasai pangsa pasar, maka langkahnya akan diikuti oleh perusahaan
lain, baik dengan cara menurunkan harganya semata atau menurunkan harga dengan
cara menjual lebih banyak produknya di pasar.
3)
Bila satu perusahaan menaikkan
harga jual produknya, baik dengan cara langsung pada
penurunan harga ataupun dengan cara mengurangi jumlah produksinya, maka perusahaan lain relatif tidak akan mengikutinya.
penurunan harga ataupun dengan cara mengurangi jumlah produksinya, maka perusahaan lain relatif tidak akan mengikutinya.
Dampak Positif dan Negatif Pasar Oligopoli
a.
Dampak Positif Pasar Oligopoli
Karena keuntungan yang besar maka dapat menciptakan inovasi yang
sangat berguna, bahkan lebih baik dari monopoli. Oligopolis biasanya
menggunakan sebagian dari kentungan mereka untuk Penelitian dan Pengembangan
sehingga memberi dampak positif bagi kemajuan teknologi
b.
Dampak Negatif Pasar Oligopoli
1. Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar (excess profit)
yang dinikmati oleh para produsen oligopoli dalam jangka panjang.
2. Kemungkinan adanya ketidak efisienan produksi karena setiap
produsen tidak beroperasi pada AC minimum.
3. Kemungkinan adanya "eksploitasi" terhadap konsumen
maupun buruh seperti kasus monopoli.
4.
Ketegaran harga (terutama ke
bawah) sering dikatakan menunjang adanya inflasi yang kronis; dan ini merugikan
masyarakat secara makro.
Perilaku Oligopoli
Perilaku oligopoli tidak dapat digambarkan secara menyeluruh dan
umum, tetapi merupakan teori-teori khusus yang menggambarkan perilaku untuk
mencapai tujuannya (kinerja industri). Kesulitan pertama karena adanya
indeterminate, yakni tidak ada titik keseimbangan yang deterministik. Beberapa
teori yang diuraikan tadi adalah sekadar ilustrasi bagaimana berbagai teori itu
disusun dan dirumuskan dengan asumsi-asumsinya masing-masing. Setiap pengritik,
akan melihat bahwa kelemahan-kelemahan teori itu terletak pada
asumsi-asumsinya.
Para ahli organisasi industri bertolak dari struktur telah
mencoba melakukan kajian tentang perilaku industri oligopoli yang kolusif,
yakni model pimpinan harga. Hal ini pun masih dibagi lagi atas tiga tipe, yakni
tipe yang mempunyai biaya rendah, perusahaan yang dominan, dan barometrik.
Teori ini menganggap bahwa perusahaan yang berskala besar mengetahui seluruh
biaya perusahaan dan permintaan pasar. Semakin rendah tingkat harga semakin
besar bagian kebutuhan pasar yang dapat dipasok oleh perusahaan yang berskala
besar.
Iron Jewelry Piercing - Titanium Art - Pinterest
BalasHapusThe stainless steel jewelry is crafted from the ground with revlon titanium max edition a titanium jewelry traditional metal ring. The metal jewelry is crafted titanium bmx frame to titanium glasses frames be used in jewelry jewelry jewelry titanium fitness or jewelry that is