Senin, 05 Maret 2012

Bab V Macam-Macam Kebudayaan Diluar Negeri

Contoh Kebudayaan Diluar Negeri




Suku Maya, Amerika.
  
  Rahasia Kebudayaan Bangsa Maya Banyak orang pernah mendengar legenda budaya bangsa Maya. Selama ini, kesan sebagian besar orang terhadap bangsa Maya tidak terlepas dari suasana hutan belantara di benua Amerika. Menyinggung tentang bangsa Maya, yang terlintas dalam benak sejumlah orang adalah sekelompok orang Indian yang sekujur tubuhnya mengenakan pakaian bulu warna cemerlang, berputar mengelilingi lingkaran di bawah sinar rembulan melaksanakan upacara misterius, di tengah-tengah berdiri dukun sakti yang berilmu tinggi.

Suku Aborigin, Australia.

     Etnik Aborigin, pemukim benua Australia, pada sekitar abad-abad kedatangan bangsa kulit putih (abad ke 18), diperkirakan berjumlah 300.000 orang. Mereka mendiami pantai-pantai utara dan timur serta lembah sungai Murray dan sebahagian kecil lainnya berada di Tasmania (Kitley, 1994;362). Tidak ada penjelasan yang lebih pasti tentang kapan pertama kali orang-orang Aborigin mulai menempati benua ini, namun yang dapat dipastikan adalah bahwa mereka, sejauh yang dapat diketahui, merupakan pendatang paling awal di Australia yang datang dari belahan utara benua ini.

Matsuri, Jepang. 

   Matsuri (чен, Matsuri) adalah kata dalam bahasa Jepang yang menurut pengertian agama Shinto berarti ritual yang dipersembahkan untuk Kami, sedangkan menurut pengertian sekularisme berarti festival, perayaan atau hari libur perayaan. Matsuri diadakan di banyak tempat di Jepang dan pada umumnya diselenggarakan jinja atau kuil, walaupun ada juga matsuri yang diselenggarakan gereja dan matsuri yang tidak berkaitan dengan institusi keagamaan. Di daerah Kyushu, matsuri yang dilangsungkan pada musim gugur disebut Kunchi.

SUMBER


OPINI 

     Menurut saya kebudayaan sudah ada di setiap negara, tidak hanya setiap negara melainkan juga setiap kota didalam negara itu sendiri. Karena dengan adanya kebudayaan akan membuat kota tersebut dikenla oleh banyak orang. Contohnya seperti yang di atas, australia dikenal dengan suku aboriginnya dengan adanya kebudayaan itu negara australia menjadi banyak dikenal oleh banyak orang.
ariyanti rahayu
1ka30
11111187 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar