Senin, 05 Maret 2012

Bab IV Macam-Macam Kebudayaan Didalam Negeri

Contoh Kebudayaan Didalam Negeri



Upacara Tabuik, Sumatera Barat.

     Upacara tabuik Sumatra barat termasuk satu dari sekian banyak keunikan kebudayaan yang ada di Indonesia. Kata ‘tabut’ sendiri asalnya dari bahasa Arab artinya adalah mengarak, upacara Tabuik ini merupakan salah satu tradisi bagi masyarakat yang ada di pantai barat, provinsi Sumatera Barat. Upacara Tabuik sudah diselenggarakan secara turun menurun. Upacara Tabuik ini sering diadakan pada hari Asura yang jatuh pada setiap tanggal 10 Muharram, bulan penanggalan Islam.

Makepung, Balap Kerbau Masyarakat Bali.

     Umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal karapan sapi yang berasal dari Madura. Sedangkan di Bali ada juga upacara Makepung. Kalau di Madura menggunakan hewan sapi, sedangkan Makepung menggunakan kerbau. Tradisi Makepung ini awalnya merupakan permainan bagi para petani yang dikerjakan di sela-sela kegiatan membajak sawah di musim panen. Waktu itu para petani ini saling beradu cepat dengan memacu kerbau yang sudah dikaitkan pada sebuah gerobak dan dikendalikan oleh seorang joki.

Atraksi Debus, Banten

     Kalu atraksi debus yang berasal dari Banten ini, pastinya juga sudah di kenal luas, karena memang debus manjadi salah satu seni dan budaya dari Banten yang sangat khas dan menarik dan tentu saja unik sekali. Atraksi debus merupakan atraksi yang sangat berbahaya sekali, dan konon kesenian debus ini berasal dari daerah al Madad. Perkembangan selanjutnya seni bela diri debus ini makin tumbuh besar disemua kalangan masyarakat yang ada di Banten dan menjadi seni hiburan untuk masyarakat setempat. 

SUMBER


OPINI

      menurut saya kini pemuda-pemudi di Indonesia menjadi semakin segan mempelajari kebudayaan kita,disebabkan terkadang membosankan,mengapa begitu?? jawabnya ada pada diri kita masing-masing,namun kinilah saatnya mengembangkan kebudayaan kita.


ariyanti rahayu
1ka30
11111187

Tidak ada komentar:

Posting Komentar