Minggu, 02 Oktober 2011


KOMPONEN SISTIM OPERASI

A. Kernel
Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer.
Adapun Sistem operasi tersebut bersifat :
- Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user
- Multitasking : dapat melakukan banyak tugas
Monolithic Kernel
Pendekatan monolithic kernel didefinisikan sebagai sebuah antarmuka virtual yang berada pada tingkat tinggi di atas perangkat keras, dengan sekumpulan primitif atau system call untuk mengimplementasikan layanan-layanan sistem operasi, seperti halnya manajemen proses, konkurensi (concurrency), dan manajemen memori pada modul-modul kernel yang berjalan di dalam mode supervisor.
Meskipun jika setiap modul memiliki layanan operasi-operasi tersebut terpisah dari modul utama, integrasi kode yang terjadi di dalam monolithic kernel sangatlah kuat, dan karena semua modul berjalan di dalam address space yang sama, sebuah bug dalam salah satu modul dapat merusak keseluruhan sistem. Akan tetapi, ketika implementasi dilakukan dengan benar, integrasi komponen internal yang sangat kuat tersebut justru akan mengizinkan fitur-fitur yang dimiliki oleh sistem yang berada di bawahnya dieksploitasi secara efektif, sehingga membuat sistem operasi dengan monolithic kernel sangatlah efisien—meskipun sangat sulit dalam pembuatannya. Pada sistem operasi modern yang menggunakan monolithic kernel, seperti halnya Linux, FreeBSD, Solaris, dan Microsoft Windows, dapat memuat modul-modul yang dapat dieksekusi pada saat kernel tersebut dijalankan sehingga mengizinkan ekstensi terhadap kemampuan kernel sesuai kebutuhan, dan tentu saja dapat membantu menjaga agar kode yang berjalan di dalam ruangan kernel (kernel-space) seminim mungkin. http://hadhiee.wordpress.com/tag/shell/
B. Shell
Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna,
Shell adalah penerjemah (command line interpreter) pada Linux. Sering kali shell ini disebut sebagai terminal. Perangkat lunak inilah yang menjadi jembatan antara user dan sisem Linux. Usep cukup memberikan perintah dan shell yang akan menanganinya. Perintah-perintah shell Linux dapat berupa :

Ø  Perintah built-in perintah yang merupakan bagian internal dari shell
Ø  Perintak ekternal perintah yang bukan bagian internal dari shell (dapat berupa utilitas atau program aplikasi)

Shell,baik pada Linuk maupun UNIX digunakan untuk interaksi antara user dengan computernya termaksud juga dalam mengontol session UNIX dan pemrograman (scripting). Unix shell menyediakan sekumpulan intruksi khusus yang dapat digunakan untuk membuat program shell scripts. Ada beberapa jenis shell yang umum ditemukan dalam distro Linux, yakni:Bash dan tcsh

Shell adalah program penerjemah perintah yang dijembatani user dengan sistem operasi. Pada umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan, baik perintah internal shell ataupun perintah eksternal shell untuk mengeksekusi suatu file program. Disamping itu, shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file dengan menggunakan editor teks, untuk dieksekusi seperti layaknya sebuah program. (http://insan.cahbag.us/2008/11/perintah-dasar-shell-linux.html)
 C. Program Utility
 Utilitas (utility) adalah program yang disedikan sistim Linux untuk melaksanakan tugas tertentu. Jumlah banyak dengan fungsi yang beraneka ragam. Beberapa kelompok utilitas dilitas dilihat dari fungsinya :
a.       Utilitas manajemen file dan direktori,utilitas kelompok ini sangat bermanfaat untuk melakukantugas yg berhubungan dengan file dan direktori,misalnya untuk membuat direktori dan menghapus file. Utilitas penyunting file. Utilitas ini sering disebut editor,sangat bermanfaat untuk membuat program atau menyimpan informasi tertentu ke dalam file;
b.      Utilitas penunjang komunikasi dan jaringan. Utilitas ini  bermanfaat untuk melakukan komunikasi antar user. Bahkan user dapat mentransfer data antar system
c.       Utilitas administrasi sistem. Utilitas ini berguna bagi administrator system untuk mengelolah system. Misalnya untuk menciptakan nama user baru dan mendaftarkan printer pada system;
d.      Utilitas pemrogaman C. Utilitas ini berguna untuk membuat program aplikasi dengan bahasa C;
e.       Utilitas penganalisa unjuk kerja sistim. Utilitas ini dapat digunakan oleh administrator system untuk menganalisis unjuk kerja sistim,sehingga dapat melakukan pensettingan guna meningkatkan unjuk kerja;
f.       Utilitas untuk keperluan backup dan restore. Utilitas ini bermanfaat untuk menyalin untuk memindahkan data atau program ke media ekternal seperti magnetic tape atau sebaliknya.

Definisi Program Utility
Program Utility adalah program-program(dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan.
o Macam-macam Program Utility:
  • Utility Internal
  • Utility external
tapi disini hanya akan dijelaskan tentang utility internal saja.
Utility internal adalah utility yang sudah ada pada windows kita secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows.
Contoh: Notepad untuk menulis, Windows Media Player (multimedia), Games(permainan), Calculator untuk menghitung, Paint untuk menggambar.
Selain itu, ada yang lebih penting bagi Windows adalah DEFRAG.
Manfaat DEFRAG:
· Mengatur kembali tata letak file-file yang rusak atau kacau karena penghapusan dan penulisan.
· Menghapus jejak file yang tidak hilang saat penghapusan.
Defrag ini biasanya dilakukan kurang lebih 1-2 minggu sekali. Utility internal ini banyak terdapat di Control Panel, misalnya: fonts, add remove, printer system dan lain-lain
Berikut beberapa manfaat system tool
System Restore
System Restore membantu mengembalikan sistem komputer file-file ke sebuah titik awal waktu. Ini adalah cara untuk membatalkan perubahan sistem ke komputer tanpa mempengaruhi file pribadi , seperti e-mail, dokumen, atau foto.
Kadang-kadang, instalasi dari sebuah program atau sopir dapat menyebabkan perubahan yang tak terduga ke komputer atau menyebabkan Windows untuk berperilaku tak terduga. Biasanya, uninstall program atau driver bisa memperbaiki masalah. Jika menguninstall tidak mengatasi masalah, dapat mencoba memulihkan sistem komputer ke tanggal yang lebih awal ketika semuanya bekerja dengan benar.
Pemulihan Sistem menggunakan fitur yang disebut perlindungan sistem untuk secara teratur membuat dan menyimpan restore point pada komputer . Titik pemulihan ini berisi informasi tentang pengaturan registri dan informasi sistem lainnya.(http://yoga-doang.blogspot.com/2010/10/definisi-program-utility-program.html)
Utility adalah kegunaan
Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows.
Program Utiliy internal yang sangat penting bagi Windows adalah DEFRAG.Manfaat Defrag Mengatur kembali tata-letak file-file yang rusak/kacau karena penghapusan dan penulisan.Menghapus jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan. (http://www.google.com/url?sa=t&source=web&cd=2&ved=0CC0QFjAB&url=http%3A%2F%2Flecturer.ukdw.ac.id%2Fanton%2Fdownload%2FMODUL%25202%2520Utility%2520Windows.ppt&rct=j&q=pengertian%20program%20utility&ei=1QCITuyoAsfirAfyq52JBA&usg=AFQjCNHXZBDN6ePahJ8g6btCcG7wY7_j0A&cad=rja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar