Jumat, 28 Desember 2012

TUGAS    
TEORI ORGANISASI  UMUM



PT. KERETA API

...
Add caption
Kini PT.KERETA API di Indonesia sudah mengalami banyak perubahan serta kemajuan yang baik,menuju memajukan PT.KERETA API,kini kita tak perlu berdesak-desakan maupun berebut untuk memperoleh bangku,berdesak-desakan,serta berdiri ditiap lorong.Kini tiket kereta dapat dipesan dengan cara online ,langsung mendatangi setasiun,maupun melalui toko swalayan terdekat yang berkerjasama dengan PT.KERETA API.

Visi
Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders

Misi
Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan
KeselamatanKetepatan Waktu
PelayananKenyamanan

Monumen Hari Kereta Api 28 September 1945 dan Lokomotif Uap D 52099
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam “Angkatan Moeda Kereta Api” (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya “Djawatan Kereta Api Republik Indonesia” (DKARI).


  • STRUKTUR ORGANISASI


Sebagai BUMN PT Kereta Api Indonesia (Persero) berpedoman pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), termasuk penetapan Rencana Kerja Anggaran Tahunan juga ditetapkan dan diputuskan melalui RUPS yang unsurnya terdiri dari :
A. Pemegang Saham
  1. Kuasa Pemegang Saham: Deputi Bidang Usaha Logistik dan Pariwisata
  2. Pendamping Kuasa Pemegang Saham: Asisten Deputi Urusan Usaha Sarana Angkutan dan Pariwisata
B. Dewan Komisaris
Iman Haryatna
Komisaris Utama
Martinus Suwasono
Anggota Komisaris
Abi Kusno
Anggota Komisaris
Yahya Ombara
Anggota Komisaris
Ashwin Sasongko
Anggota Komisaris
Umiyatun Hayati Triastuti
Anggota Komisaris
Herry Bakti
Anggota Komisaris

Herry Bakti
Anggota Komisaris




Ignasius Jonan
Direktur Utama

 
Sulistyo Wimbo Hardjito
Direktur Komersial
A. Herlianto
Direktur Operasi
Candra Purnama
Direktur Pengelolaan Prasarana

 
Rono Pradipto
Direktur Pengelolaan Sarana
 Bambang Irawan
Direktur Keselamatan dan Keamanan
M. Kuncoro Wibowo
Direktur SDM dan Teknologi Informasi
 
Joko Margono
Direktur Pengembangan Usaha
 Judarso Widiyono
Direktur Pengelolaan Aset Non Produksi
Kurniadi Atmosasmito
Direktur Keuangan
A. PT. Reska Multi Usaha

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :
Komisaris Utama:Joko Margono
Direktur Utama:Noor Hamidi
Direktur Operasi:Hari Sukoco

Berdasarkan Surat Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara :
  1. Nomor : S-33/M-BUMN/2001 tanggal 9 Oktober 2001 perihal Persetujuan Pendirian Anak Perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
  2. Nomor : S-511/M-BUMN/2002 tanggal 31 Juli 2002 perihal Persetujuan Rancangan anggaran dasar serta susunan Anggota Direksi dan Komisaris PT. RESKA, dan Akta Notaris Darwin Ginting, SH, MH No 18 tanggal 2 Juli 2003 dan Pengesahan MENHUKHAM No. C 21011.HT.01.01 tahun 2003 tanggal 4 September 2003 dan Perubahan Akta terakhir No. 6 tanggal 18 November 2011 dengan persertujuan MENHUKHAM No. AHU-AHA.01.10.40665 tanggal 14 Desember 2011.
Adapun kegiatan usahanya meliputi : Restorasi KA, Service On Train (SOT), Jasa Boga (Catering), Resto & Cafe, Parkir, Housekeeping, On Trip Cleaning (OTC), Cuci Kereta, RES-TV dan Pendukung Kenyamanan.
Alamat Kantor :
PT. RESKA MULTI USAHA
JL. BENGAWAN NO.25 BANDUNG
No telp: (022) 7234716 - 7234717
Facs : (022) 7234716
Website : www.reska.com
Email: reska.pusat@yahoo.com

B. PT. Railink

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :
Komisaris Utama:Salahudin Rafi
Komisaris:Bambang Irawan
Komisaris:Wulang A. Wahono
Direktur Utama:Suratha
Direktur Administrasi dan Keuangan:Desmon Ismael
Direktur Teknik dan Operasi:Husein Nuronny

Berdasarkan :
  1. Akta Notaris/PPAT Silvia Abbas Sudradjat SH,SpN No 34 tanggal 28 September 2006 tentang pendirian Perseroan Terbatas PT. Railink
  2. Surat Menteri Hukum dan azasi manusia Republik Indonesia Nomor:W29-00480 HT.01.01-TH-2006 tanggal 07 desember 2006 tentang Pengesahan Akta Pendirian Perseroan Terbatas PT Railink
Telah dibentuk PT RAILINK, yakni anak perusahaan PT. Kereta Api Indoneisa (Persero) dengan maksud dan tujuan berusaha dalam bidang Pengangkutan darat.
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas, Perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut:
  1. Pengoperasian pengelolaan dan pengusahaan kereta api bandara
  2. Pengembangan dan pengelolaan stasiun kereta api di bandara dan di pusat kota
  3. Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kereta api
  4. Pembagunan prasarana kereta api
  5. Konsultasi dan desain sistem perkerataapian
  6. Pengusahaan jasa lainnya yang menunjang usaha-usaha pokok sebagaimana dimaksud dalam huruf a,b,c,d dan e diatas.
Membentuk Tim Bersama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan Kementrian BUMN dengan tugas sebagai berikut:
  1. Menyusun sistem Informasi manajemen Aset PT Kereta Api Indonesia (Persero)
  2. Menyusun kajian Highest and Best Use untuk setiap aset yang akan dimanfaatkan
  3. Menyusun kriteria calon investor yang akan melaksanakan kerjasama pemanfaatan aset PT Kereta Api Indonesia (Persero)
  4. Melakukan persiapan pembentukan anak Perusahaan (Holding Company) yang akan menangani pemanfaatan aset-aset PT Kereta Api Indonesia (Persero), meliputi penyusunan Draft anggaran Dasar, Business plan, Draft Neraca awal, Draft struktur Organisasi dan Mekanisme Kerja, dan Draft Proyeksi Keuangan 5 (lima) tahun ke depan.
Melakukan Property Gathering PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Alamat Kantor :
PT. RAILINK
GEDUNG JRC LT.1 JL IR.H.DJUANDA 18 NO.8 JAKARTA PUSAT
No.Telp: 0213502963
Fax: 0213503235

C. PT. KAI Commuter Jabodetabek

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :
Komisaris Utama:Darmawan Daud
Komisaris:Nugroho Indrio
Komisaris:Mesra Eza
Komisaris:H.T. Mirza Keumala
Direktur Utama:Ignatius Tri Handoyo
Direktur Operasi:Apriyono Wedi Chresnanto
Direktur Keuangan dan Personalia:O. Berdikarianto
Direktur Teknik:Resman Manurung

Berdasarkan :
  1. Anggaran Dasar & Kajian Kelayakan dan persyaratan lain sudah selesai dan disetujui Board of Director/Board of Commissioner & RUPS PT. Kereta Api Indonesia (Persero) setelah dilakukan beberapa kali pembahasan dengan staf Meneg BUMN (Perbaikan terakhir 15 Juli 2008).
  2. BOD & BOC sudah terbentuk (15 Agustus 2008).
  3. Akte Pendirian PT KAI Commuter Jabodetabek sudah disahkan oleh DepKumHam.
  4. Modal telah disetor oleh para pemegang saham (dari PT. Kereta Api  Indonesia (Persero) sebesar Rp 30 Milyar dan dari Yayasan Pusaka sebesar Rp 500 juta).
  5. Status sampai dengan 31 Desember 2008: Masa Pra-Transisi, dengan kegiatan utama pengurusan ijin usaha dan ijin operasi, penajaman rencana bisnis, penyesuaian proses bisnis dan sistem pendukung/transaksional, hubungan kontraktual antara induk dan anak usaha, dsb. Untuk melaksanakan semua ini, manajemen PT KAI Commuter Jabodetabek dibantu oleh sejumlah Pokja/tim pendamping yang kompeten dari unit-unit kerja yang relevan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero), yang telah ditunjuk dengan SPPT direksi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dimana personil BRP ditugaskan sebagai penghubung.
  6. RUPS PT. KAI Commuter Jabodetabek telah dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2008, namun RKAP PT. KAI Commuter Jabodetabek belum bisa berjalan efektif karena Ijin Usaha dan Ijin Operasi PT. KAI Commuter Jabodetabek.
Alamat Kantor :
PT. KCJ (KERETA COMMUTER JABODETABEK)
GEDUNG JRC LT.3 JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8 JAKARTA PUSAT
No telp: 0213453535 ext 319
Fax: 02134834084
Website: www.krl.co.id

D. PT. KA Pariwisata

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :
Komisaris:Rono Pradipto
Direktur Utama:Adi Suryatmini
Direktur Operasi dan Administrasi:Nunuk Prihatiningsih

PT KA Pariwisata atau disingkat PT KA Wisata, berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta Pusat. Maksud dan tujuan Perseroan adalah menyediakan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di pasar dalam wilayah Indonesia dibidang pariwisata kereta api, dan kegiatan usaha yang mendukung pariwisata kereta api dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Untuk mancapai maksud dan tujuan tersebut, Perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut :
  1. Menjalankan usaha pariwisata pada umumnya berbasis kereta api.
  2. Menjalankan usaha biro perjalanan wisata (BPW)
  3. Perencanaan dan pengemasan komponen perjalanan wisata.
  4. Penyelenggaraan dan penjualan paket wisata melalui agen perjalanan dan atau langsung kepada wisatawan.
  5. Penyediaan layanan angkutan wisata.
  6. Menyelenggarakan pentas wisata.
  7. Pengurusan dokumen perjalanan, berupa paspor dan visa atau dokumen lain yang dipersamakan.
  8. Jasa informasi kepariwisataan.
  9. Mengelola kawasan pariwisata.
  10. Jasa Konsultan pariwisata berbasis kereta api.
Alamat Kantor :
PT. KA PARIWISATA
GEDUNG JRC LT. DASAR JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8 JAKARTA PUSAT 10120
No telp: (021) 3452310 atau Frida:08113452310, Silvi:087773452310 dan Evi:08153452310, Fax: (021) 3452509


E. PT. KA Logistik

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :
Komisaris Utama:Hana Suryana
Komisaris:Sullistyo Wimbo Hardjito
Komisaris:Sri Mariastati
Direktur Utama:Rustam Harahap
Direktur Operasional dan Pemasaran:Bambang Rudianto
Direktur Keuangan:Soemartono

PT. KERETA API LOGISTIK (KALOG) adalah anak perusahaan dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang melakukan usaha dibidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan lanjutan serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Termianal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.

Orientasi bisnis KALOG kedepan adalah sebagai jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution melalui “End-to-End Services” atau dengan kata lain sebagai SCM Service Provider.

Fungsi dan peran kontributif KALOG terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya adalah sebagai “ pencipta nilai tambah (value creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan pergudangan.

Fokus dan penguatan peran penting PT KA Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post-Service dari layanan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta integrated-service berbasis information technology sepanjang rantai jasa layanan distribusi logistik.
Untuk mancapai maksud dan tujuan tersebut diatas, Perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut :
  1. Menjalankan kegiatan usaha dibidang pelayanan distribusi logistik berbasis kereta api termasuk operator multimoda.
  2. Menjalankan kegiatan usaha dibidang pelayanan jasa pergudangan (warehousing).
  3. Menjalankan kegiatan usaha dibidang jasa manajemen logistik.
  4. Menjalankan bidang usaha perdagangan termasuk perdagangan eksport-import, interinsuler dan lokal, bertindak sebagai glosir, leveransir/suplier, waralaba dan comision house serta kegiatan usaha terkait, bertindak sebagai distributor, agen dan sebagai perwakilan dari badan-badan perusahaan lain baik dari dalam maupun luar negeri atas kegiatan usaha pokok.
  5. Menjalankan kegiatan usaha lainnya yang menunjang usaha-usaha pokok menyangkut layanan : tracking (penelusuran barang kiriman), jasa pengepakan (packing) dan pelabelan (labeling), layanan pengambilan barang secara berkala (scheduled pick-up services), jasa kepabeanan dan pengawalan logistik serta pengurusan asuransi termasuk klaim.
Alamat Kantor :
PT. KA LOGISTIK
GEDUNG JRC Lt. 2 JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8-10 JAKARTA PUSAT
No telp: 021-3510471 (hunting)
Fax: 021-3510472
web: www.kalogostics.co.id
email: informasi@kalogistics.co.id


F. PT. KA Property Management

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut :
Komisaris 1:Kurniadi Atmosasmito
Komisaris 2:Zuryati Simbolon
Direktur Utama:Wahjudi Pranata
Direktur Operasi dan Pemasaran:-
Direktur Keuangan dan Admininstrasi:Suaidi Haryanto

PT KA Property Management atau disingkat PT KA Property, berkedudukan dan berkantor pusat di kota Jakarta Pusat. Maksud dan tujuan Perseroan adalah melakukan usaha dibidang pengelolaan aset/properti perkeretaapian milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) maupun pihak lainnya dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan serta memberikan nilai tambah aset/properti tersebut guna memenuhi standar mutu terbaik dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Untuk mancapai maksud dan tujuan tersebut diatas, perseroan dapat melaksanakan kegiatan sebagai berikut :
  1. Menjalankan usaha dibidang perencanaan, pengawasan pembangunan properti.
  2. Menjalankan usaha pembangunan, yaitu dibidang pemborongan pada umumnya (General Contractor), pembangunan konstruksi gedung, jembatan, daerah milik jalan prasarana kereta api, prasarana telekomunikasi, perhotelan, rumah sakit, pipa gas bumi, pipa bahan bakar minyak berikut instalasi-instalasi.
  3. Menjalankan usaha jasa pengelolaan, jasa pemasaran, perantaraan dan pengembangan properti (tanah dan bangunan).
  4. Menjalankan usaha dibidang perawatan, pemeliharaan dan perbaikan bangunan dalam segala aspek..
  5. Menjalankan usaha jasa konsultasi di bidang properti.
  6. Menjalankan usaha yang menunjang usaha-usaha pokok sebagimana dimaksud huruf  a,b,c,d dan e ayat ini.
  7. Menjalankan usaha perdagangan pada umumnya (general trading) yang meliputi bidang perhotelan , wisma , perkantoran, apartemen, pertokoan, restoran, pusat perbelanjaan terpadu, pasar, prasarana dan sarana telekomunikasi, gas bumi, bahan bakar minyak termasuk pengisian untuk umum (SPBU) dan pengadaan barang.
Alamat Kantor :
PT. KA PROPERTI MANAJEMEN
GEDUNG JRC LT.1 JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8-10 JAKARTA PUSAT
No. Telp : (021) 345 1040, 345 1404, Faximile  : (021) 345 1087
e-mail: kapm_jkt@yahoo.co.iD



  • PRODUK


  1. Angkutan Penumpang
    Realisasi pendapatan angkutan penumpang yang meliputi: KA Eksekutif, Kelas Bisnis, Lokal Bisnis, Jabotabek Komersial, Kelas Ekonomi, Lokal Ekonomi, Jabotabek Ekonomi dan Jabotabek Ekonomi AC, tahun 2011 sebesar Rp. 2.945.448.670,- atau sebesar 94,31% dari program sebesar Rp. 3.123.276.600,- Sementara Realisasi volume angkutan penumpang sebesar 191.686.591 orang atau 92,95% dari program sebesar 206.214.873 orang.
  2. Angkutan Barang
    Realisasi pendapatan angkutan barang, tahun 2011 sebesar Rp. 2.198.693.538,- atau 79,74% dari program sebesar Rp. 2.757.161.774,- Sementara Realisasi volume angkutan barang sebesar 19.340.235 ton atau 71,38% dari program sebesar 27.093.090 ton.
Tabel Volume dan Pendapatan Angkutan  Tahun 2011

Uraian
Realisasi Tahun 2010
2011Rasio (%)
Program Realisasi 4 : 24 : 3
123456
Angkutan Penumpang
1. Volume (orang)
Kelas Eksekutif6.189.2016.375.2266.189.153100,0097,08
Kelas Bisnis7.066.5097.470.768 6.653.477 94,16 89,06
Kelas Ekonomi18.512.53818.136.532 17.228.796 94,07 94,99
Subtotal 31.768.24831.982.52630.071.426 94,66 94,02
Lokal Bisnis 6.481.1167.083.5107.787.583120.16 109,94
Lokal Ekonomi40.579.45442.047.368 43.009.766 105,99 102,29
Jabodetabek Komersial19.993.02239.684.213 35.900.606 179,57 90,47
Jabodetabek Ekonomi69.692.41411.826.112 26.740.320 77,28 226,11
Jabodetabek Ekonomi (AC)34.601.60873.591.144 48.176.89069,13 65,47
Total 203.115.862206.214.873191.686.591 94,37 92,95
2. Pendapatan
Kelas Eksekutif1.035.612.6011.222.860.9551.127.176.740108,8492,18
Kelas Bisnis 613.414.563 667.608.918 644.014.668 104,99 96,47
Kelas Ekonomi 481.978.476 541.614.033 505.531.371104,89 93,34
Subtotal 2.131.005.640 2.432.083.906 2.276.722.779106,84 93,61
Lokal Bisnis65.480.20181.514.26160.605.688 92.56
 74,35
Lokal Ekonomi 109.020.370 123.537.472116.037.495 106,44 93,93
Jabodetabek Komersial  190.009.263 322.434.394259.153.179136,39 80,37
Jabodetabek Ekonomi 93.621.119 55.136.310155.059.673 165,62
 281,23
Jabodetabek Ekonomi (AC) 161.687.513 108.570.257 77.869.855 48,16 71,72
Total 2.750.824.105 3.123.276.600 2.945.448.670 107,08 94,31
Angkutan Barang
 1. Volume
Batubara11.147.62115.586.88912.011.398107,7577,06
BBM1.825.5531.744.8481.677.71691,9096,15
Peti Kemas768.2722.463.7131.224.262159,3549,69
Parcel dan ONS110.854507.000253.182228,3949,49
Semen/Klinkers2.838.2263.907.7403.007.320105,9676,96
Lainnya2.259.9422.882.9001.166.35751,6140,46
Total18.950.46727.093.09019.340.235102,0671,38
2. Pendapatan
Batubara1.251.493.8951.846.154.1971.597.704.506127,6686,54
BBM168.049.201174.614.832174.531.198103,8699,95
Peti Kemas69.222.370243.559.820
101.053.526
145,9841,49
Parcel dan ONS43.489.675167.393.177117.127.574269,3269,97
Semen / Klinkers62.028.67288.384.16882.091.772132,3492,98
Lainnya121.027.115237.055.581126.184.963104,2653,23
Total1.715.310.9282.757.161.7742.198.693.538128,1879,74
Subsidi Pemerintah PSO 534.797.985639.609.146623.437.571116,5797,47
Non Angkutan (Jutaan Rp.)
1. Pendukung Angkutan KA79.079.811151.987.54592.026.718116,3760,55
2. Operasi Angkutan KA Lainnya88.591.718256.202.443224.510.157253,4287,63
3. Optimaslisasi Aset22.949.056245.968.2859.978.26843,484,06
4. Pendapatan Non Operasional156.762.38949.983.614185.227.246118,16370,58
Total347.382.974704.141.886511.742.389147,3172,68

A. Ketepatan Jadwal Perjalanan KA
Masalah ketepatan jadwal perjalanan KA penumpang masih diwarnai dengan kelambatan, karena persilangan dan penyusulan, tunggu rangkaian, adanya PLH yang mengakibatkan rintangan jalan, tingginya tingkat gangguan lokomotif dan kereta, adanya taspat tetap dan perawatan jalan rel yang melebihi toleransi yang diberikan, sehingga KA harus berjalan perlahan dan berpengaruh terhadap total waktu tempuhnya.
Sementara kelambatan KA Barang terjadi karena PLH yang mengakibatkan rintangan jalan, bongkar muat barang dan tidak tersedianya sarana tunggu (lokomotif dan gerbong) seiring dengan tidak tercapainya SO sarana sehingga angkutan yang satu menunggu yang lain.
Tabel Kelambatan dan Ketepatan
No.UraianSatuanRealisasi Tahun 20102011Ratio (%)
ToleransiFakta6 : 46 : 5
123456
1.Rata-rata Kelambatan (menit)
a.KA Penumpang
- BerangkatMenit6,002,675,0083,33187,50
- DatangMenit51,0028,3339,0076,47137,65
b.KA Barang
- BerangkatMenit86,0050,0088,00102,33176,00
- DatangMenit79,0065,0085,0092,39130,77
2.Rata-rata ketepatan (%)
a.KA Penumpang
- Berangkat%77,0093,6782,00106,4987,54
- Tiba%24,0040,0025,00104,1762,50
b.KA Barang
- Berangkat%28,0050,0026,0092,8652,00
- Tiba%30,0040,0028,0093,3370,00
3.Peristiwa Luar Biasa HebatFrekuensi74685472,9779,41

B. Pencapaian Sasaran ProduksiPencapaian sasaran produksi Kilometer KA tahun 2011 adalah sebagai berikut :
Tabel Beberapa Indikator Kinerja Operasi Tahun 2011
UraianRealisasi Tahun 20102011Ratio (%)
ProgramRealisasi4 : 24 : 3
123456
a. KA Penumpang (Ribu - Km)20.211.564
20.970.040
18.845.24193,2489,87
b. Kilometer (Ribu Ton) Barang7.168.6678.338.1006.052.26884,4372,59
c. Kilometer KA48.722.83249.193.54549.022.586100,6299,65
d. Kilometer Lokomotif88.849.21568.216.94164.559.27972,6694,64
e. Kilometer Kereta268.022.345263.857.743272.304.234101,60103,20
f. Kilometer Gerbong226.850.048205.529.165263.361.208116,09128,14
g. Kilometer Tempat Duduk25.754.85325.469.20924.398.85594,7395,80






  • MARKETING
Pemasarannya menggunakan pengumuman melalui berosur, iklan melalui web PT.KERETA API, seta iklan melalui media elektronik (televi,RADIO,INTERNET)

Reservasi Tiket

Pemesanan tiket melalui internet yaitu dengan membuka situs resmi PT KAI di www.kereta-api.co.id



Rail Card  adalah  kartu  prepaid  sebagai  pengganti  uang  tunai  digunakan  untuk pembelian tiket Kereta Api, berbelanja di merchant-merchant yang memasang  logo BNI Prepaid dan berfungsi sebagai Kartu Keanggotaan Kereta Api. Alat ini berfungsi selama 24 Jam.


Penjualan atau pemesanan melalui system ini dilakukan di Contact Center KA melalui nomor panggilan 121(Telepon rumah) dan 021- 121/ 021- 21391121 (GSM & CDMA) 7 hari seminggu.


Rail Agent adalah badan usaha /perusahaan yang berbadan hukum yang mewakili PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memasarkan, mempromosikan, dan melayani pemesanan karcis di daerah tertentu.


Inovasi layanan ini bertujuan untuk semakin memudahkan pengguna jasa KA dalam mendapatkan tiket.  Untuk saat ini kami sediakan Mobile Ticketing Online di Daop 1 Jakarta, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang dan Daop 5 Purwokerto, dan akan segera menyusul di Daop lainnya.


Untuk memudahkan pelanggan dan masyarakat mendapatkan tiket KA, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah memperluas saluran / jaringan yang semakin tersebar dengan harapan pelanggan dan masyarakat menjangkau lokasi-lokasi penjualan tiket KA. Pelanggan dan masyarakat dapat memperoleh tiket salah satu di Stasiun-stasiun online.


Pemesanan dan pembelian tiket Kereta Api dapat dilayani di semua loket PT POS Online di seluruh Indonesia.


DRIVE THRU adalah Layanan tambahan bagi pengguna jasa berupa layanan pemesanan tiket dalam kendaraan, sehingga pembelian tiket yang menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parkir ataupun turun dari kendaraan terlebih dahulu untuk membeli tiket kereta api, cukup masuk ke dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat.


Fasilitas layanan KABILA disiapkan untuk meningkatkan layanan informasi Kereta Api kepada masyarakat melalui penerapan teknologi informasi sesuai dengan visi dan misi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang diupayakan untuk merubah yang semula cenderung ke product oriented menjadi lebih customer oriented, sehingga segala aspek yang menyangkut kebutuhan pelanggan akan lebih diperhatikan termasuk salah satunya interaksi dengan pelanggan melalui aplikasi KABILA ini


Pemesanan dan pembelian tiket KA melalui Indomaret, datang ke gerai Indomaret terdekat, pesan tiket sesuai dengan keinginan anda. Bayar sesuai dengan jumlah struk, periksa kembali struk sebelum meninggalkan tempat pembelian, tukarkan struk di statsiun dengan tiket KA


PT.Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT.CITOS memberikan kemudahan kepada pelanggan kereta api untuk melakukan reservasi tiket Kereta Api secara online di mana anda berada.


FASTPAY merupakan layanan Payment Point Online Banking (PPOB) yang dapat melayani pembelian tiket KA secara online dan akurat.  FASTPAY memiliki lebih dari 15.000 gerai PPOB dan terus bertambah, minimal 1000 loket per bulan sehingga makin mendekati calon penumpang untuk melakukan reservasi tiket kereta api. 

DLL..



  • SDM

Tahun 2010 PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki karyawan 26.520 orang untuk mentelenggarakan pelayanan angkutan kereta api di Jawa dan Sumatera. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2009 sebanjyak 26.938 orang.
Tabel Sumber Daya Manusia Tahun 2011
UraianRealisasi tahun 2010Tahun 2011Rasio (%)
ProgramRealisasi4 : 24 : 3
1
23456
Menurut Fungsi
aOperasi Sarana3.4954.2784.365124,89102,03
bOperasi Niaga1.1721.3392.165184,73161,69
cPemeliharaan Sarana3.9514.6974.387111,0493,40
dUmum Sarana1.4761.526.125284,8282,04
ePemeliharaan Prasarana2.8963.9093.503120,9689,61
fPengoperasian Prasarana5.1704.7016.173119,40131,31
gPerencanaan dan Pengawasan1.8561.3791.34872,6397,75
hStasiun dan Langsiran2.5323.9111.96577,6150,24
iUmum3.9724.0632.73568,8667,31
Jumlah26.52029.80327.893105,1893,59
Menurut Pendidikan
aSD5.7174.8414.01770,2682,98
bSLTP6.7286.4223.94658,6561,45
cSLTA13.01917.28118.915145,29109,46
dD335543032390,9975,12
eS162774661297,6182,04
fS2748380108,1196,39
gS3-----
Jumlah26.52029.80327.893105,1893,59
       
Menurut Usia
a< 30 Tahun7.07510.7949.269117,02151,40
b31- 40 Tahun6.1216.3637.06091,2989,24
c41- 50 Tahun5.2286.2896.12977,0851,91
d51- 56 Tahun8.0966.3575.435109,35108,16
Jumlah26.52029.80327.89398,4591,17

Untuk pelaksanaan tugas di PT. Kereta Api Indonesia (Persero), diperlukan proses pendidikan dan pelatihan secara terprogram dan kontinyu baik dibidang prasarana, sarana, operasional, niaga, maupun manajemen. Sebagian kegiatan pendidikan dan pelatihan diselenggarakan secara internal PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melalui sejumlah lembaga berikut:
  1. Balai Asesmen di kantor pusat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) : JI. Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung, dengan spesifi kasi kegiatan membuat bank soal asesmen, pengembangan teknik asesmen, peningkatan kompetensi asesor, pemetaan kompetensi pegawai, serta melakukan asesmen terhadap pegawai yang akan menempati posisi jabatan struktural dan fungsional.
  2. Balai Pelatihan Operasi dan Pemasaran (BP Opsar) : lokasi di JI. Ir H. Juanda No. 215 Bandung, degan spesifi kasi pendidikan bidang operasional seperti Pemimpin Perjalanan KA (PPKA) dan Kondektur, yang dalam jangka panjang juga dapat menempati posisi jabatan sebagai Kepala Stasiun, Pengawas Operasi bahkan Kepala Seksi Operasi dan Kepala Seksi Niaga.
  3. Balai Pelatihan Teknik Prasarana (BPTP): lokasi di Bekasi dengan spesifi kasi pendidikan bidang operasional khususnya petugas operasional di Jabodetabek. Selain itu, di BPL Opka Bekasi ini juga diselenggarakan spesifi kasi pendidikan bagi teknisi jalan rel dan jembatan untuk posisi jabatan Kepala Distrik, Kepala Resort, serta calon Pengawas Jalan Rel dan Jembatan.
  4. Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) : lokasi di JI. Dr Wahidin No. 1, Yogyakarta dengan spesifi kasi Asisten Masinis, Teknisi KA, Teknisi Listrik dan AC, Teknisi di Balai Yasa (Bengkel) KA, yang dalam jangka panjang juga dapat menempati posisi jabatan Kepala Ruas di Dipo Lok/Kereta, Kepala Dipo Lok/Kereta, Pengawas dibidang Sarana, bahkan Kepala Seksi Sarana.
  5. Balai Pelatihan Teknik Sinyal dan Telekomunikasi (BPTST) : lokasi di JI. Laswi No. 23 Bandung dengan spesifi kasi pendidikan bidang Persinyalan dan Telekomunikasi Perkeretaapian seperti teknisi Persinyalan dan Telekomunikasi, yang dalam jangka panjang dapat menempati posisi jabatan sebagai Kepala Distrik, Kepala Resort, bahkan Pengawas serta Kepala Seksi dibidang Sinyal dan Telekomunikasi.
  6. Badan Pelatihan Manajemen (BPM) : lokasi di JI. Laswi No. 23 Bandung dengan spesifi kasi pendidikan bidang manajemen serta kepemimpinan baik untuk penjenjangan kepemimpinan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero), maupun untuk perluasan wawasan kepemimpinan.
Untuk memupuk jiwa korsa perkeretaapian dalam komunitas pekerja KA juga telah dibentuk Serikat Pekerja KA dengan susunan organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) berkedudukan di Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia Persero), JI. Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung.
Selain DPP, di Kantor Pusat Bandung juga terdapat organisasi setingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kantor Pusat, ditambah dengan sejumlah DPD di masing-masing tempat kedudukan Kantor Daerah Operasi di Jawa, serta kantor Divisi Regional di Sumatera.

SUMBER :


PENYUSUN :
ARIYANTI RAHAYU
11111187
2 KA 37


1 komentar:

  1. panjanga sekali sejarah dari PT KAI ini

    BalasHapus